Senin, 17 Oktober 2011

kebaya modifikasi

Kebaya masa kini telah berkembang pesat dan semakin banyak peminatnya, tidak hanya dikenakan oleh kaum ibu, tapi juga mulai diminati oleh perempuan muda di negeri ini. Ibu-ibu yang memasuki usia senja kebanyakan masih menggunakan kebaya klasik sehari-harinya. Namun kebaya di kalangan umum saat ini, banyak dikenakan oleh perempuan Indonesia pada acara-acara resmi, seperti wisuda, acara pernikahan, upacara adat dan momen Lebaran. Yang menjadi pembeda, biasanya untuk acara wisuda dan upacara adat, kebaya didesain sesederhana mungkin tidak seperti desain kebaya pengantin. Sedang untuk momen Lebaran, kebaya dirancang sesuai dengan model busana mmuslim yang tidak menampakkan lekuk tubuh dan bagian krahnya dibuat lebih tinggi.
Kebaya hasil tangan para perancang busana mampu menyulap kebaya menjadi busana yang semakin memancarkan pesona keanggunan perempuan Indonesia. Semakin banyak variasi berkebaya saat ini, mulai dari penyesuaian bahan, desain dan aksesorinya. Sehingga kebaya menjadi busana yang glamour di tengah suasana pesta.
Sebelumnya kebaya terbuat dari tenunan serat alami, katun halus atau sutera, namun kini banyak bahan alternatif lainnya yang bisa disesuaikan dengan keinginan pemakai. Ditambahkannya aksesori seperti beads, payet, pita, hingga border semakin mempercantik tampilan kebaya. Kini, kebaya tidak melulu pada potongannya yang pendek atau hanya mencapai lutut, tetapi juga dapat didesain panjang menutupi mata kaki atau menjuntai panjang seperti potongan gamis busana muslim dengan tanpa mengurangi pesona keanggunan kebaya. Dengan desain kebaya yang panjang, maka para perempuan muslimah tidak perlu canggung untuk mengenakannya. Dan tidak pula terbatas pada pemakaian jilbab saat mengenakan kebaya tersebut.

Kebaya yang anggun dan penuh pesona tidak luput dari selera dan padu padan bahan dan warna dengan bentuk tubuh. Karena jika salah dalam pemilihan bahan dan desain yang tidak sesuai dengan bentuk tubuh akan menciptakan tampilan yang semakin aneh dan tidak sedap dipandang mata, bahkan akan tidak nyaman saat dikenakan.
Warna kebaya sangat banyak dan seakan tanpa batas. Penyesuaian warna juga berperan dalam keidealan bentuk tubuh dan penyesuaian acara yang akan dihadiri. Saat siang hari, mengenakan kebaya dengan warna soft akan terlihat lebih segar dan anggun. Pemilihan warna gelap baik digunakan oleh tubuh yang gemuk, karena kesan gelapnya akan menyamarkan bentuk tubuh yang gemuk. Dan warna gelap ini baiknya dihindari oleh si tubuh kurus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar